Sukses

Cara Menangani Gigi Berlubang Yang Bikin Sakit Kepala

27 Mar 2020, 22:12 WIB
Pria, 19 tahun.

Pagi Dok,mau nanya sekaligus minta solusinya.. bgmn cara penanganan yg harus dilakukan untuk gigi saya geraham atas yg berlubang cukup besar dan selalu timbul rasa sakit (nyeri) yg berkepanjangan sampai kepala juga ikut sakit dan terkadang juga saya merasakan sesak nafasūüėüsolusinya bgmn y Dok..? Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Terimakasih telah bertanya seputar cara menangani gigi berlubang yang bikin sakit sampai kepala melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami rasa tidak nyaman yang Anda rasakan. Berdasarkan keterangan anda, dugaan Kami anda mengalami peradangan pada bagian saraf gigi yang biasanya ditandai dengan rasa sakit pada gigi yang timbul secara spontan (tanpa didahului oleh rangsangan apapun) dan dapat mengganggu aktifitas bahkan mengganggu tidur malam.

Penjalaran rasa sakit yang anda rasakan hingga ke bagian telinga dan pelipis mungkin dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut. Gigi dipersarafi oleh saraf kranial ke lima yang dimanakan saraf trigeminus. Saraf ini memiliki 3 cabang dan percabangan tersebut terjadi di daerah sekitar telinga. Oleh karena itu, ketika terjadi infeksi pada gigi, ada kemungkinan terjadi persebaran rasa nyeri hingga ke wilayah telinga dan (mungkin) pelipis karena kedua struktur tersebut saling berdekatan.

Pada keadaan seperti ini dokter perlu melakukan evaluasi terhadap kondisi jaringan gigi yang tersisa. Bila gigi tersebut masih memungkinkan untuk dipertahankan (jaringan sehat gigi yang tersisa mampu mempertahankan restorasi akhir setelah perawatan gigi terselesaikan), maka dokter akan melakukan perawatan gigi tersebut. Namun bila kerusakan jaringan gigi sudah sedemikian berat, maka pencabutan gigi akan menjadi solusi yang lebih baik, dilanjutkan dengan pembuatan gigi tiruan untuk mengembalikan fungsi pengunyahan.

Segeralah ke dokter gigi guna mendapatkan pertolongan dan Perawatan, karena jika dibiarkan akan berbahaya. Infeksi dapat meluas ke jaringan lain yang lebih luas karena bakteri akan bisa beredar ke seluruh pembuluh darah. Untuk memastikan keadaan Anda maka sebaiknya periksakanlah  dan juga kemukakan juga gejala sasek nafas yang juga anda alami ke dokter gigi sehingga dapat diberikan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Sakit Kepala Menyerang, Hadapi dengan 7 Cara ini

- Mengapa Sakit Gigi Bisa Memicu Sakit Kepala?

- Sakit Kepala

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara menangani gigi berlubang yang bikin sakit sampai kepala, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar