Sukses

Ingin Pasang Behel Tapi Gigi Banyak Yang Berlubang

27 Mar 2020, 22:09 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, gigi saya tidak merata, saya ingin pasang behel untuk meratakan gigi saya, tetapi gigi saya banyak yg berlubang dan berkarat, apakah masih bisa untuk pasang behel??

Terimakasih telah bertanya seputar ingin pasang behel tapi gigi banyak yang berlubang melalui fitur Tanya Dokter.

Pada prinsipnya tidak ada masalah jika ingin memakai behel pada gigi yang berlubang.  Yang pasti, sebelum perawatan orthodontik (behel, atau kawat gigi) gigi yang bermasalah harus ditangani terlebih dulu. Gigi yang berlubang ditambal, dan gigi yang lubangnya sudah terlanjur dalam dan mencapai rongga berisi syaraf harus dirawat syaraf terlebih dulu. Karang gigi dibersihkan supaya gusinya sehat, gigi yang sudah rusak berat/mati dan tinggal sisa akar harus sudah dicabut. Jadi setelah semua gigi rusak diperbaiki, kita tinggal pasang behelnya dan fokus untuk kontrol rutin behelnya tiap bulan supaya perawatan behel lancar sampai selesai, tidak ada gangguan dari gigi-gigi yang rusak itu.

Perlu kami tekankan, pemasangan kawat gigi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus sesuai indikasi, dan ada standar operasionalnya. Harus dilakukan oleh ahli yang berkompeten yaitu drg spesialis orthodonti atau setidaknya drg umum yang sudah mengikuti kursus orthodontik. Sangat tidak disarankan untuk mencari perawatan ke ahli/tukang gigi yang belakangan makin marak, karena mereka tidak memiliki izin, wewenang dan ilmu medis yang benar meski menawarkan harga yang murah dan jauh dibawah tarif yang diberlakukan dokter gigi spesialis. Perawatan yang dilakukan secara asal-asalan dan tidak mengikuti kaidah medis yang benar akan membawa dampak buruk bagi pasien, alih-alih mengatasi keluhannya.

Jadi kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter gigi dengan kompetensi di bidang perawatan orthodontik atau dokter gigi spesialis ortho, agar keberhasilan perawatan dapat tercapai.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- 6 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Mengenakan Kawat Gigi

- Dampak Negatif Kawat Gigi yang Perlu Anda Tahu 

- Untuk Pemula, Ini Tips Merawat Gigi dengan Behel

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin pasang behel tapi gigi banyak yang berlubang, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar