Sukses

Nyeri Tenggorokan

27 Mar 2020, 13:55 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok tenggorokan saya sakit untuk menelan ludah dan sakit di sekitar leher kadang di sertai batuk dan sedikit sesak di dada itu kenapa ya?

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Sakit tenggorokan yang anda rasakan kemungkinan akibat penyakit radang tenggorokan (faringitis). Demam yang disebabkan oleh infeksi virus (viral infection) misalnya saat menderita penyakit faringitis ini seringkali disertai dengan gejala-gejala seperti nyeri sendi (artralgia), dan nyeri otot (mialgia), nyeri kepala (sefalgia).

Penyakit radang tenggorokan ini seringkali berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh, oleh sebab itu hal utama yang kami anjurkan adalah sebagai berikut:

  • Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.
  • Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral (buah-buahan, sayuran). Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, dan untuk kondisi yang sedang anda alami, meminum air hangat adalah langkah yang baik karena disamping membuat nyaman tenggorokan yang sedang radang, air hangat dapat mengurangi pembengkakan area tenggorokan.
  • Memperhatikan etika batuk. Saat batuk, tutuplah mulut dengan siku bagian dalam. Atau, tutup dengan tissue lalu segera buang, cuci tangan setelahnya.
  • Rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik
  • Gunakan masker saat bertemu orang lain, agar tidak menulari
  • Mengisolasi diri sendiri, agar tidak menulari orang lain

 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar