Sukses

Gejala Demam Berdarah
26 Mar 2020, 19:20 WIB
Pria, 34 tahun.

Siang Dok, keponakan saya demam 38 derajat dan ada beberapa bintik merah dibagian betis. dan sering muntah-muntah. apakah itu gejala demam berdarah dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap enteng. Karena jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat mengancam jiwa penderitanya. 

Demam berdarah adalah infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti melalui gigitan. Penyakit ini umumnya muncul pada negara yang memiliki iklim subtropi dan tropis, salah satunya Indonesia. DBD bisa terkena pada siapa saja yang bepergian ke tempat beriklim tropis, tapi pada musim hujan penyebaran penyakit ini semakin meningkat.

Umumnya gejala muncul sekitar hari ke 4 – 7 setelah tergigit oleh nyamuk. Gejala DBD yang ditimbulkan berupa demam tinggi, nyeri sendi/otot, nyeri dibelakang mata, sakit kepala, sakit perut, mual, muntah, nafsu makan menurun, lemas dan bisa juga timbul bintik-bintik merah di tubuh. Gejala lain yang dapat muncul, seperti mimisan, kencing berdarah maupun perdaharan saluran cerna.

Sudah berapa lama keponakan Anda mengalami demam? Apakah demamnya terus-menerus? Apakah ada keluhan lain seperti sakit kepala, mual, muntah, lemas, nyeri sendi? Apakah ada mimisan atau gusi berdarah?

Jika demamnya sudah lebih 3 hari, sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter dan juga pemeriksaan laboratorium untuk memastikan keponakan Anda terkena DBD atau bukan. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga lekas membaik & sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar