Sukses

Mengatasi Telinga Berdengung
26 Mar 2020, 15:52 WIB
Wanita, 20 tahun.

Bagaimana cara mengatasi telinga tersumbat berdengung dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan.

Tinnitus atau telinga berdengung adalah jenis suara yang berasal dari kepala atau telinga tanpa adanya sumber suara dari luar. Hal ini bukanlah penyakit namun suatu gejala dan sebaiknya segera dicari penyebabnya.

Terdapat dua jenis tinnitus, sebagai berikut:

- Tinnitus Subjektif : hanya dapat didengar oleh penderita sendiri. Penyebabnya adalah kelainan pada telinga bagian luar, dalam, dan tengah. Dapat disebabkan oleh gangguan pada saraf-saraf pendengaran di otak

- Tinnitus Objektif : dapat didengar juga oleh dokter yang memeriksa. Jarang ditemukan, dapat disebabkan oleh kelainan pembuluh darah, gangguan tulang telinga dalam, atau gangguan pada otot.

Penyebab yang umum ditemukan pada tinnitus adalah kerusakan sel telinga dalam. Kerusakan ini bisa dipengaruhi oleh usia dan adanya paparan terhadap suara yang keras dalam jangka waktu lama (lingkungan pekerjaan industri, MP3 player, konser musik), dan paparan terhadap beberapa obat tertentu (aspirin, NSAIDs, diuretik). Selain itu bisa juga akibat menumpuknya kotoran telinga, cedera, dan juga faktor psikis. 

Untuk mengatasi keluhan Anda ini, perlu diketahui dulu penyebab utamanya. Saya sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dievaluasi telinga yang bermasalah. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar