Sukses

Kemungkinan Hamil
26 Mar 2020, 11:44 WIB
Wanita, 0 tahun.

dok saya remaja berusia 20th , saya pernah melakukan sex 1 kali , dn saya terakhir haid 3hari yang lalu , apakah ada kemungkinan saya hamil? (sy sydah menikah dok)

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan. 

Sebelum dimulainya proses kehamilan, terlebih dulu dimulai proses pembuahan. Proses ini membutuhkan sel telur dan sel sperma. Setiap bulannya, wanita mengeluarkan sel telur yang siap dibuahi oleh sperma, yaitu pada saat ovulasi (masa subur). Jika pada saat itu Anda dan suami melakukan hubungan intim, besar kemungkinan untuk hamil. 

Jika Anda dan pasangan sedang melakukan program hamil, harus diketahui dulu siklus haid dan masa suburnya. Pada umumnya, masa subur wanita sekitar 12-14 hari sebelum jadwal haid berikutnya. Jadi jika Anda sudah mengetahui kapan masa subur, rutinlah berhubungan dengan suami 2 hari sekali, yaitu 2 hari sebelum masa subur, saat masa subur, dan 2 hari setelah masa subur.

Selain itu, faktor lain seperti lendir serviks, kualitas sel telur, sperma, psikis juga sangat mempengaruhi proses pembuahan. Jadi, pastikan Anda dan suami selalu sehat dan bugar. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar