Sukses

Gejala Lain dari Virus Corona
26 Mar 2020, 10:58 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok, saya diare hari ke-3. Tapi ini TDK se intens hari pertama. Nah, skrg saya agak flu, tenggorokan saya juga agak serak. BTW saya dari daerah yg belum ada kasus Covid, juga saya belum berpergian kemana2. Cuman sebelum diare, saya sempat ada disuatu acara krumunan. Tapi katanya, TDK ada yg dr luar daerah.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Seiring bertambah menyebarnya wabah virus corona ini di Indonesia, tentu saja membuat masyarakat bertambah panik. Sangat penting untuk mengenal lebih jauh mengenai virus ini agar masyarakat tidak bertambah panik dan dapat melakukan pencegahan. Seperti yang telah diketahui selama ini, gejala yang dapat muncul apabila seseorang terinfeksi virus corona adalah batuk, pilek, sakit tenggorokan, demam tinggi, dan sesak napas. 

Namun, penyakit infeksi ini bisa juga tidak bergejala sama sekali. Selain gejala diatas, gejala lain yang dapat muncul yaitu kelelahan, diare, dan kehilangan nafsu makan. Keluhan-keluhan yang dirasakan ini dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Saya sarankan Anda melakukan karantina mandiri dirumah terlebih dahulu selama 14 hari. Selama dirumah, pastikan tetap jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker. Selain itu, penting untuk menjaga asupan makanan bergizi, mencukupi kebutuhan cairan harian, dan istirahat yang cukup untuk meningkatkan sistem imun. Untuk mengatasi diare, Anda dapat mengkonsumsi larutan oralit maupun obat-obat diare lain. Jika diare semakin intens, tambah lemas, tambah tidak nafsu makan, frekuensi buang air kecil berkurang, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan dan mencegah terjadinya dehidrasi. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdr lekas membaik/sehat selalu.

1 Komentar