Sukses

Mengalami Batuk dan Pilek, Apakah Pasti Terkena Corona?
26 Mar 2020, 10:48 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat pagi dok, 2 hari terakhir ini saya mengalami batuk pilek, hari pertama pusing dan meriang badan juga ngilu dan disertai dengan sedikit sakit tenggorokan tapi hari kedua sudah agak mending, sekarang hari ketiga masih batuk pilek hidung tersumbat dan tenggorokan masih sedikit sakit, apakah termasuk gejala virus corona? bisakah saya memeriksakan diri ke dokter?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Ibu rasakan. 

Seiring bertambah menyebarnya wabah virus corona ini di Indonesia, tentu saja membuat masyarakat bertambah panik. Sangat penting untuk mengenal lebih jauh mengenai virus ini agar masyarakat tidak bertambah panik dan dapat melakukan pencegahan. 

Virus corona atau COVID-19 ini menular dengan sangat cepat terhadap sesama manusia. Gejala yang ditimbulkan pun hampir sama dengan gejala batuk dan flu pada umumnya. Selain itu, orang yang terinfeksi bisa juga tidak menimbulkan gejala. Gejala virus corona, yaitu:

- Batuk

- Bersin

- Hidung meler

- Sakit tenggorokan

- Demam tinggi

- Sesak napas

Kalau merasa badan Anda hangat, sebaiknya gunakan termometer atau pengukur suhu badan untuk memastikannya. Suhu badan normal berkisar dari 36,5-37,5 sedangkan lebih dari itu sudah termasuk demam.

Selain itu, Apakah Anda pernah kontak langsung dengan pasien positif corona? Jika Ya dan sekarang mengalami keluhan seperti diatas, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter. 

Jika tidak, sebaiknya Anda melakukan karantina mandiri dirumah selama 14 hari. Selama dirumah, pastikan tetap jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker. Selain itu, penting untuk menjaga asupan makanan bergizi, mencukupi kebutuhan cairan harian, dan istirahat yang cukup untuk meningkatkan sistem imun. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Ibu lekas membaik.

 

0 Komentar

Belum ada komentar