Sukses

Keputihan Berwarna Putih Susu
26 Mar 2020, 10:27 WIB
Wanita, 23 tahun.

Pagi dok, saya mengalami keputihan berwarna putih susu, tidak menggumpal, tidak gatal, dan tidak berbau. Apakah penyebabnya bisa karena stress dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan.

Keputihan adalah keluhan yang pasti dirasakan oleh setiap wanita. Keputihan ini ada yang normal (fisiologis) dan tidak normal (patologis). Keputihan yang normal adalah yang dirasakan akibat perubahan hormonal, seperti saat menjelang haid, hamil, penggunaan KB, dan juga faktor psikis (stress). Normalnya keputihan itu tidak berwarna (bening), memiliki konsistensi seperti lendir, tidak berbau, tidak gatal dan apabila menempel pada celana dalam berwarna kuning terang. Keputihan yang tidak normal biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri , parasit atau jamur. Biasanya cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (putih susu, hijau, keabuan), berbau, dan bisa timbul keluhan penyerta seperti rasa panas, gatal,dll. 

Anda dapat mengatasi keputihan tersebut dengan tetap menjaga kebersihan daerah kewanitaan, hindari menggunakan pakaian yang ketat, segera mengganti celana dalam apabila terasa basah/lembab, hindari penggunaan sabun pembersih kewanitaan, hindari penggunaan pantyliner, kurangi makanan/minuman yang manis dan juga hindari stress dengan berolahraga. 

Jika keputihan putih susu Anda bertambah banyak, berbau dan timbul gatal, saya sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar mendapatkan penanganan dengan tepat. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar