Sukses

Penyebab Dada Terasa Sesak
26 Mar 2020, 09:05 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya mau tnya, kenapa dad sya sesak ya tenggorokan terasa sakit terasa gatal trus pngn batuk, mohon jwabnnya dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdr rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Sudah berapa lama keluhan ini Anda rasakan? Apakah sesaknya terjadi hilang timbul atau setiap saat? Apakah ada demam tinggi? Apakah ada riwayat maag, asma? Apakah sesak napas dipengaruhi aktivitas atau pun posisi? Apakah sesak napas dirasakan dalam situasi lingkungan tertentu (misalnya dalam keramaian)? 

Sesak nafas penyebabnya bisa beragam, mulai dari ada gangguan pada otot dada, tulang, paru-paru, jantung, pencernaan dan psikis. Ciri-cirinya adalah pernapasan cepat, terengah-engah, sampai tangan dan kaki kebiaruan (sianosis).

Sakit tenggorokan merupakan gejala utama dari faringitis atau radang tenggorokan. Penyebab terseringnya adalah infeksi virus seperti influenza atau common cold. Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus umumnya bisa membaik dengan sendirinya tanpa perlu obat-obatan. Sedangkan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri memerlukan antibiotik untuk mencegah munculnya komplikasi. Penyebab lainnya adalah alergi, gastroesophageal reflux disease (GERD), tumor, dan udara kering. 

Untuk mengetahui pasti penyebab dari keluhan Anda, perlu dilakukan proses tanya jawab dan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Saya sarankan untuk berkonsultasi oleh dokter untuk mendapatkan penanganan lanjut. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdr lekas membaik & sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar