Sukses

Susah Tidur
26 Mar 2020, 08:46 WIB
Wanita, 20 tahun.

Hallo dok, dok mau tanya. Kok saya akhir akhir ini merasa setres susah tidur. Depresi ya dok. Terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Sudah berapa lama susah tidur ini Anda alami? Apakah Anda lebih sulit memulai tidur atau sulit untuk tidur kembali setelah terbangun dari tidur? Bagaimana dengan aktivitas atau pekerjaan Anda sehari-hari, apakah lebih berat dari biasanya? Adakah stress psikologis yang dialami saat ini? Apakah Anda memiliki kebiasaan minum kopi, terutama pada sore/malam hari?

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat penderitanya kesukaran untuk memulai atau mempertahankan tidur. Pada umumnya orang dewasa butuh waktu 8 jam sehari untuk tidur dan menjaga kondisi kesehatan. Karena tidur yang tidak cukup dapat menyebabkan gangguan fisik dan mental. 

Sebelumnya harus Anda ketahui bahwa terdapat beberapa faktor penyebab gangguan tidur dalam hal ini insomnia, seperti faktor psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk. Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri melainkan saling berkaitan. Contohnya adalah faktor fisik tertentu yang dapat memicu timbulnya masalah psikologis, begitupun sebaliknya, faktor psikologis dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga membuat kondisi fisik senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi keluhan Anda:

- Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari

- Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol,narkotik, dsb

- Cobalah mengatur pola tidur

- Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur

- Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur

- Buat diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, televisi, dsb. Tidur di ruangan gelap lebih baik daripada ruangan terang

- Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter

- Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur

- Buat diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga dan tetap berpikir positif.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri lekas membaik & sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar