Sukses

Kemerahan dan Gatal di Pipi
26 Mar 2020, 08:12 WIB
Wanita, 19 tahun.

Hai dok..maaf mengganggu dokter, dok ini kenapa pipi saya tiba tiba memerah ya dok terus besoknya itu gatel banget dok terus saya kasih salah satu pelembab. Setelah beberapa hari menjadi berjerawat memerah dan sedikit bernanah itu kenapa ya dok? Dan solusi nya bagaimana? Terima kasih 🙏

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdr rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Sudah berapa lama keluhan ini? Apakah pipi yang memerah terasa kering dan bersisik? Apakah timbul kemerahan di daerah tubuh lain? Apakah Anda memiliki riwayat alergi? 

Kelainan kulit dengan adanya kemerahan dan gatal biasa disebut dengan eksim. Sampai saat ini penyebab pasti dari eksim belum diketahui. Tapi ada beberapa hal yang menjadi faktor risiko, seperti alergi, kulit kering, faktor psikis, dll. 

Jika dalam beberapa hari menjadi bernanah, berarti tandanya sudah terjadi infeksi pada kulit kemerahan tersebut yang bisa saja disebabkan karena garukan dengan tangan yang kurang bersih.

Untuk mengatasinya gunakan sabun cuci muka yang lembut, jangan menggunakan sabun antiseptik. Karena dapat membuat kulit lebih kering dan lebih mudah memicu eksim. Jika eksim pada kulit tidak hilang dalam kurun waktu dua minggu, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya, dokter akan memberikan obat salep dan minum untuk kembali memulihkan kulit yang terkena eksim. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdr lekas membaik dan sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar