Sukses

Tenggorokan Terasa Kering
24 Mar 2020, 21:45 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok. Saya 5 hari ini merasakan kekeringan pada tenggorokan dok. saya mahasiswa asal Tangerang yang kuliah di Bali. Dan sekarang disuruh kembali ke rumah masing masing.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdr rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Apakah ada nyeri tenggorokan? Apakah ada keluhan lain seperti demam tinggi, batuk, pilek dan sesak napas? Apakah ada riwayat kontak langsung dengan pasien corona?

Tenggorokan terasa kering belum pasti disebabkan karena terinfeksi virus corona. Penyebab tenggorokan kering bisa bermacam-macam, seperti dehidrasi, alergi, peradangan pada organ tonsil dan laring. Yang tersering menyebabkan tenggorokan kering adalah dehidrasi. Hal ini dapat terjadi karena asupan cairan yang masuk ke tubuh lebih sedikit daripada cairan yang keluar dari tubuh. Untuk menghindarinya, Anda harus mencukupi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air mineral sebanyak 8 gelas/hari. 

Selain itu, sangat penting juga untuk tetap jaga kebersihan dengan rajin cuci tangan pakai sabun, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup agar menjaga sistem imun tetap kuat. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdr lekas membaik/sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar