Sukses

Badan Meriang dan Dada Terasa Sesak
24 Mar 2020, 20:24 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat malam Dok, nama saya Vita. Saya mau konsultasi. Badan saya mulai meriang dok, terus dada saya sesak disertai tenggorokan kering. Tadi pagi mulai merasakan gejalanya. Saya punya riwayat asam lambung. Tapi kalau asam lambung kambuh gejalanya ya nyeri ulu hati. Tapi ini kok dada yang agak sesak dok. Kenapa ya dok? Terus solusinya apa ya dok? Terimakasih, maaf kalau banyak tanya.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Demam dan sesak napas adalah hal yang umum dirasakan. Penyebabnya pun dapat bermacam-macam.

Demam merupakan bentuk mekanisme tubuh dalam melawan infeksi. Suhu tubuh normal adalah 36,5 - 37,5 derajat. Jadi jika Anda merasa demam, sebaiknya diukur dengan termometer untuk menentukan apakah suhu badan memang sedang demam atau tidak. 

Sedangkan sesak nafas penyebabnya bisa beragam, mulai dari ada gangguan pada otot dada, tulang, paru-paru, jantung, pencernaan dan psikis. Ciri-cirinya adalah pernapasan cepat, terengah-engah, sampai tangan dan kaki kebiaruan (sianosis). 

Kalau Anda mempunyai riwayat maag, bisa saja sesak nafas yang muncul disebabkan oleh asam lambung yang meningkat. Salah satu kondisi yang paling sering menyebabkan sesak napas pada orang dewasa muda adalah GERD. Untuk menentukan penyebab dari keluhan Anda, harus dilakukan pemeriksaan langsung terlebih dahulu. Saya sarankan untuk berkonsultasi langsung oleh dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar