Sukses

Seputar OMSK
23 Mar 2020, 22:13 WIB
Pria, 40 tahun.

cara penanganan dan resep obat ketika telinga keluar cairan terus menerus atau penyakit Otitis Media Supuratif Kronik (OMSK).

Halo bapak

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

OMSK adalah infeksi kronik di telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan sekret yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah.

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Bila masih keluar cairan terus menerus maka perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk menghentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat. Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi.

Tergantung dari kerusakan atau bolong yang dialami pada gendang telinga serta waktu mengalaminya, dokter spesialis THT dapat melakukan observasi untuk melihat apakah membran tersebut dapat menyambung kembali secara alami atau harus melalui operasi. Jika ternyata cukup besar dan sudah terlalu lama terjadi maka diperlukan operasi.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar