Sukses

Pencegahan Covid19
23 Mar 2020, 22:12 WIB
Pria, 51 tahun.

Dok, mohon pencerahan apakah informasi yg saya dapat dari sosmed terkait pencegahan covid-19 dibawah ini benar? Terimakasih. Salam. Supertama Copas!!! Pemerintah China sdh mengetahui pergerakan virus COVID 19 dalam tubuh. Hal ini diketahui dari hasil otopsi yang dilakukan. Karakter pergeralan virus ini memblok jalur udara ke paru. Agar obat dapat efektif maka blokade jalur udara ke paru harus dibuka namun hal ini butuh beberapa hari *Rekomendasi apa saja yng kita bisa lakukan untuk memproteksi diri sbb ūüėó 1. Minum cairan hangat (kopi, sup, teh, air putih hangat). Sebagai tambahan minum juga air putih hangat tiap 20 menit, hal ini akan menjaga kelembaban mulut dan menetralisir virus yg ada sebelum sampai ke paru2. 2. Kumur2 dengan cairan antiseptic & air hangat (air cuka, air garam, air lemon) 3. Virus menempel pada baju dan rambut, sabun/deterjen apapun akan membunuhnya, maka setelah bepergian sebaiknya langsung mandi/shower. Jika kamu tdk bisa mandi tiap kali, jemur di sinar matahari langsung. 4. Bersihkan barang2 yg terbuat dari metal/logam, karena virus dapat menempel pada metal/logam selama 9 hari. Hindari sentuh langsung permukaan metal/logam (terutana jika berada diluar rumah) 5. Jangan merokok 6. Basuh tangan tiap 20 menit menggunakan sabun apapun. 7. Makan sayur dan buah 8. Binatang tidak menyebarkan virus ini ke manusia. 9. Hindari terkena flu biasa, karena akan melemahkan daya tahan tubuh. Serta hindari minuman dingin 10. Jika merasa tidak nyaman/sakit tenggorokan segera ulangi langkah2 diatas. Virus ini masuk melalui cara ini dan bertahan dalam tenggorokan selama 3-4 hari sebelum masuk ke paru2. *Jaga diri anda semua*

Halo bapak

Saya mengerti kekhawatiran Anda.

 Informasi yang anda terima ada yang benar, ada juga yang kurang tepat.

Wabah virus corona memang sangat meresahkan karena cepatnya penularan yang terjadi diantara sesama manusia. Belum lagi gejala yang ditimbulkan hampir mirip dengan gejala influenza yang umum terkena pada masyarakat. Jadi, mengetahui pencegahan mengenai virus ini memang sangat penting. Berikut pencegahan coronavirus yang bisa dilakukan:

- Tidak bepergian dan diam dirumah, semakin sedikit paparan dengan orang lain maka resiko anda tertular semakin kecil

- Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, selama 20 detik

- Tidak sering memegang bagian wajah tanpa mencuci tangan

- Memakai masker apabila sakit

- Terapkan etika batuk dengan benar

- Menjaga daya tahan tubuh

Untuk menjaga daya tahan tubuh, pastinya harus dengan makan makanan yang bergizi, terutama yang mengandung protein dan serat (sayur dan buah). Pastikan anda mengkonsumsi sumber makanan yang kaya vitamin C, vitamin D, Zinc dan selenium. Lalu cukupi kebutuhan cairan perhari, istirahat yang cukup. 

 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar