Sukses

Seputar Virus Corona, Ini Yang Perlu Tahu!
23 Mar 2020, 11:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

4 hari yang lalu saya demam dok setelah melakukan perjalanan keluar kota ,kepanasan dan kehujanan ,dan kebetulan diperjalanan saya meminum air es lalu batuk2 hingga hari ini, yang menjadi pertanyaan saya ,sekarang sedang marak wabah virus corona ,sampai saat ini saya batuk2 kering, dan saya juga masih bekerja keluar rumah dan banyak melayanin customer diluar ,apakah saya terkena virus atau tidak ?

Terimakasih sudah bertanya seputar virus corona dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gejala pada infeksi virus corona secara umum demam, batuk, sakit tenggorokan dan pada keadaan berat menyebabkan sesak nafas. Selain itu seseorang di curigai terinfeksi virus corona apabila sebelumnya ada riwayat kontak dengan pasien yang positif corona dan atau ada riwayat berpergian ke luar negeri ( China, Singapura, Malaysia, Eropa, dll)  dalam 14 hari terakhir. Bagaimana dengan Anda? Apakah ada riwayat kontak atau berpergian ke luar negeri?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Beberapa Penyebab batuk, diantaranya adalah:

  • Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  • Asma
  • Infeksi: Tuberkulosis (TBC) ataupun infeksi Mikopalsma, infeksi sinus
  • Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease): Penyakit reflux biasanya disertai keluhan rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung.
  • Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor)
  • Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung) Jika keluhan Anda disebabkan karena alergi, maka batuk Anda tidak membahayakan lingkungan sekitar. Namun, jika batuk Anda disebabkan karena infeksi TBC maka batuk Anda dapat menularkan orang disekitar Anda.

Silakan klik juga link https://www.klikdokter.com/pages/cek-virus-corona ini untuk menilai resiko tertular virus corona.

Yang bisa Anda lakukan saat ini antara lain :

  1. menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi
  2. istirahat cukup
  3. hindari keramaian atau sebisa mungkin dirumah. Jika memang harus di luar rumah gunakan masker agar tidak menularkan ke orang lain atau tahu etika batuk dan bersin yang benar
  4. Minum suplemen atau vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  5. konsumsi obat batuk sesuai dengan jenis batuk yang dialami sembari memonitoring apakah semakin membaik atau memburuk

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar virus corona, semoga bermanfaat.

Salam,

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar