Sukses

Batuk, Apa Penyebabnya dan Harus Apa?
23 Mar 2020, 10:52 WIB
Pria, 22 tahun.

dok.. saudara saya.. mengalami batuk,, tapi tidak sesak nafas, tidak demam.. cuma btuk.. apa itu ptut di waspadai. terkait virus corona

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab batuk dengan menggunakan layanan Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Sejak kapan keluhan ini berlangsung? Apakah batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah merokok? Apakah sedang menjalani pengobatan suatu penyakit tertentu? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis.

Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  • Asma
  • Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infeksi sinus
  • Bronkitis radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung
  • Penggunaan obat tertentuobat golongan ACE inhibitor
  • Post Nasal Dripada cairan di belakang hidung.

Mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan untuk tetap mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Spesialis Paru untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Apabila memang ada kontak dengan penderita yang positif covid-19 dan ada riwayat berpergian ke luar negeri maupun daerah yang sedah wabah, pemeriksaan lanjutan perlu dilakukan. Tetapi jika tidak ada riwayat kontak maupun berpergian, kecil kemungkinan untuk tertular covid.

Sebaiknya isolasi diri sendiri untuk tetap dirumah, jaga jarak dengan keluarga, gunakan masker agar tidak menularkan ke orang lain, etika batuk dan bersin yang benar, istirahat cukup, konsumsi makanan yang bergizi, minum air putih cukup, minum obat - obatan batuk yang ada di rumah.

Apabila selama pemantauan ada keluhan demam tinggi > 38 derajat, batuk darah hingga sesak nafas berat sebaiknya segera bawa ke IGD untuk dapat penanganan tepat.

Silakan klik https://www.klikdokter.com/pages/cek-virus-corona untuk melakukan skrining resiko terpapar virus corona.

Demikian infromasi penyebab batuk yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar