Sukses

Gejala Infeksi Virus Corona
23 Mar 2020, 10:40 WIB
Wanita, 25 tahun.

Hallo dok.. Saya beberapa hari ini merasakan sakit tenggorokan, saya pikir ini hanya karena akan flu saja. Biasanya saya minum obat flu di keesokan harinya saya sembuh. Tetapi ini masih sakit saja dok. Dan minggu2 ini saya rajin minum vitamin karena ketakutan akan virus yg sekarang sedang mewabah di dunia. Saya hanya ingin menjaga imunitas saya. Saya berasumsi bahwa sakit tenggorokan ini karena vitamin yg saya minum kadungannya terlalu keras, karena setiap setelah meminum vitamin tersebut saya merasa mual. Hari ini badan saya terasa linu di seluruh tubuh, kaki terasa dingin. Tapi saya tidak mengalami demam. Apakah ini infeksi dari virus yg sekarang sedang mewabah ya dok? Tetapi saya tidak melakukan perjalanan keluar negeri/ke tempat yg sedang ada wabah tersebut.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Seiring bertambah menyebarnya wabah virus corona ini di Indonesia, tentu saja membuat masyarakat bertambah panik. Sangat penting untuk mengenal lebih jauh mengenai virus ini agar masyarakat tidak bertambah panik dan dapat melakukan pencegahan. 

Virus corona atau COVID-19 ini menular dengan sangat cepat terhadap sesama manusia. Gejala yang ditimbulkan pun hampir sama dengan gejala batuk dan flu pada umumnya. Selain itu, orang yang terinfeksi bisa juga tidak menimbulkan gejala. Gejala virus corona, yaitu:

- Batuk

- Bersin

- Hidung meler

- Sakit tenggorokan

- Demam tinggi

- Sesak napas

Kalau merasa badan Anda hangat, sebaiknya gunakan termometer atau pengukur suhu badan untuk memastikannya. Suhu badan normal berkisar dari 36,5-37,5 sedangkan lebih dari itu sudah termasuk demam. 

Jika Anda memiliki riwayat bepergian ke luar negeri yang terjangkit virus ini atau pernah kontak langsung dengan pasien positif corona dan belum memiliki gejala apapun, saya sarankan untuk berisitirahat dulu dirumah selama 14 hari. Apabila dalam masa itu mulai timbul gejala seperti corona dan bertambah berat, segera periksa ke rs rujukan corona di daerah Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar