Sukses

Gigi Sudah Di-veneer Apa Bisa Di-bleaching ?

21 Mar 2020, 21:50 WIB
Wanita, 0 tahun.

sebulanan lalu saya veneer 2 gigi depan, lalu saat ini saya ingin bleaching total semua gigi, apakah 2 gigi tsb dapat di bleaching atau harus di veneer kembali? t

Terimakasih telah bertanya tentang gigi sudah di-veneer apa bisa di-bleaching melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan bahwa anda sudah melakukan venner gigi namun sekarang ingin bleaching gigi. Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit tentang bleaching gigi.

Metode bleaching diindikasikan untuk memutihkan gigi yang mengalami perubahan warna akibat makanan, kebiasaan merokok dan hal lainnya. Namun tidak semua perubahan warna yang terjadi pada gigi dapat diputihkan dengan dental bleaching, contohnya seperti pada perubahan warna akibat obat antibiotik jenis tetrasiklin. Pada gigi yang sensitif sebaiknya tidak dilakukan prosedur ini tapi akan lebih baik lagi jika keadaan gigi Anda diperiksa secara langsung oleh dokter gigi sehingga dapat diputuskan apakah aman dilakukan bleaching atau tidak.

Memutihkan gigi sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi. Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien.

Efek samping yang paling sering terjadi setelah perawatan bleaching adalah sensitivitas gigi dan iritasi pada jaringan lunak seperti gusi. Hidrogen peroksida yang merupakan kandungan dalam bahan pemutih gigi dapat berpentrasi ke ruang pulpa melalui email dan dentin, dan menyebabkan rasa ngilu. Oleh karena itu dianjurkan untuk dilakukan aplikasi fluor paska perawatan bleaching untuk mengurangi rasa ngilu.

Hasil dari perawatan bleaching bersifat sementara. Gigi bisa saja kembali menguning, jika anda sering minum kopi, teh atau merokok. Pola makan dan minum serta penjagaan kebersihan mulut sangat mempengaruhi efek jangka panjang dari perawatan bleaching. Setelah 1 tahun, perawatan bleaching bisa diulang kembali. 

Gigi yang diveneer, tidak bisa di bleaching. Bahan pemutih tidak akan bisa masuk kedalam pori-pori veneer dan memutihkannya. Tidak apa-apa jika anda tetap mau bleaching gigi yang lainnya, namun hasilnya akan berbeda dengan gigi yang diveneer. Saran saya setelah itu jangan buru-buru untuk melakukan veneer kembali, tunggu sampai kira-kira 2 minggu, untuk melihat warna hasil gigi-gigi yang dibleaching. Karena warna gigi baru akan menetap setelah 2 minggu bleaching. Untuk itu kami sarankan jika lain kali ingin melakukan bleaching gigi atau tambalan gigi atau veneer, lebih baik lakukan bleaching gigi terlebih dulu. Tunggu setelah 2 minggu, baru melakukan veneer atau tambalan gigi supaya warna bisa disamakan dengan gigi lainnya.

Berikut artikel terkait pertanyaan anda :

- 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memutihkan Gigi

Tips Memilih Bahan Pemutih Gigi yang Aman dan Efektif

- 6 Fakta di Balik Mitos tentang Memutihkan Gigi

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi sudah di-veneer apa bisa di-bleaching, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Mug**

    Halo Dok, saya mau bertanya masih seputar bleaching gigi . Kalo saya sebelumnya sudah melakukan penambalan gigi tetep pada bagian gigi depan, lalu ingin melalukan bleaching apakah gigi tambalan tersebut akan ikut memutih atau akan tidak ?