Sukses

Membedakan Batuk Akibat Corona dengan Radang Tenggorokan
18 Mar 2020, 20:26 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dengan Hormat, Dok, Apakah perbedaan batuk karena Corona dan batuk karena radang tenggorokan? Saya punya Amandel yang kalau kambuh gejalanya mirip dengan gejala Infeksi Virus Corona. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Ibu rasakan. 

Keadaan wabah virus corona di Indonesia ini memang sangat meresahkan. Terlebih lagi gejala yang ditunjukkan hampir sama bahkan susah dibedakan dengan penyakit lain seperti batuk dan flu biasa. 

Virus corona dapat menular dengan cepat melalui droplet atau partikel kecil yang keluar ketika seseorang yang positif corona batuk/bersin. Virus ini menimbulkan gejala seperti batuk, bersin, hidung meler, sakit kepala, sakit tenggorokan, demam tinggi dan sesak napas. 

Sedangkan radang tenggorokan bisa disebabkan oleh bakteri ataupun juga virus. Gejalanya seperti sakit saat menelan, demam, ada benjolan di leher, bahkan sampai ada bercak darah pada air liur. Radang tenggorokan tidak membuat penderitanya mengalami sesak, kecuali ada penyakit penyerta lain seperti batuk dan asma. 

Untuk saat ini, sebaiknya Anda tetap dirumah dan hindari pusat keramaian, jaga daya tahan tubuh dengan menjaga makanan, minum air yang cukup dan istirahat yang cukup. Selain itu, jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Ibu lekas membaik/sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar