Sukses

Merasa Sesak Setelah Minum Kopi

18 Mar 2020, 19:28 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya,2 minggu lalu saya sempat sesak dada setelah minum kopi,tapi 2 hari setelahnya hilang,lalu minggu kemarin saya sempat kurang enak badan,tapi tidak pusing,sesak,batuk/flu,karena saya habis terpapar hawa dingin. 2 hari setelah nya sudah fit kembali. Lalu minggu ini saya awalnya flu saja namun setelah minum kopi flu saya membaik tapi dada saya mulai sesak lagi. Apakah itu bisa menjadi dugaan gejala dari virus yang sedang marak ini dok?terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan. 

Sesak pada dada memang bisa sangat mengganggu. Penyebabnya bisa beragam, seperti ada gangguan pada otot dada, saraf, tulang dan juga organ penting seperti paru-paru dan jantung. Apakah Anda merasa ada nyeri dada? Apakah ada keringat dingin? Apakah ada riwayat alergi atau asma? Apakah ada riwayat trauma/cedera sebelumnya?

Selain itu yang perlu diketahui, asam lambung yang meningkat bisa menyebabkan gejala sesak pada dada. Terlebih lagi riwayat mengkonsumsi kopi sebelum keluhan muncul. Meminum kopi secara berlebihan atau pada orang dengan riwayat maag, dapat meningkatkan asam lambung karena kandungan kafein didalamnya. Apakah ada nyeri ulu hati? Apakah ada perasaan kembung atau begah di perut? Apakah ada mual? Apakah Anda sering telat makan? Apakah ada riwayat maag sebelumnya? Jika jawabanya Ya, maka kemungkinan besar Anda menderita penyakit maag. 

Untuk saat ini, hindari dulu mengkonsumsi kopi secara berlebihan, makan dengan teratur, hindari juga mengkonsumsi makanan pedas dan asem. Jika keluhan semakin intens dan bertambah parah, saya sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri lekas membaik/sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar