Sukses

Penyebab Gangguan Pendengaran

16 Mar 2020, 10:01 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok,cara menambah kepekaan telinga gimana ya?saya merasa pendengaran saya kurang baik...

Halo, Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Gangguan pendengaran adalah semua jenis gangguan dalam proses pendengaran normal. Hal ini bisa berupa mendengar kurang jelas hingga tidak bisa mendengar sama sekali.

Pendengaran normal bisa berlangsung apabila gelombang suara ditangkap oleh telinga luar, diteruskan melalui telinga tengah hingga sampai ke telinga dalam. Di telinga dalam, struktur koklea akan mengantarkan rangsang suara melalui saraf pendengaran hingga dapat dipersepsi pada pusat pendengaran di otak.

Ada beberapa penyebab gangguan pendengaran yang mungkin terjadi, yaitu:

  • Sensorineural. Terjadi akibat gangguan sensori atau saraf pada telinga bagian dalam. Hal ini dapat dipicu paparan suara keras, proses penuaan, obat-obatan yang merusak telinga (ototoksik), penyakit tertentu (misalnya meningitis), faktor genetik, trauma kepala, dan kelainan struktur pada telinga dalam.
  • Konduktif. Terjadi karena adanya suatu hambatan yang mengganggu penghantaran suara (konduksi) dari telinga luar melalui telinga tengah hingga sampai telinga dalam. Kondisi ini dapat dipicu oleh penumpukan kotoran telinga, infeksi telinga, kerusakan gendang telinga, adanya benda asing dalam telinga, kelainan bentuk telinga, trauma pada telinga, dan sebab lainnya.
  • Campuran. Disebabkan oleh campuran antara gangguan sensorineural dan konduktif.

Untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya anda perlu melakukan tes pendengaran ke dokter THT.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui:

Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-

App Store : https://app.adjust.com/n01yug7

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar