Sukses

Benjolan Di Payudara, Haruskah Di Operasi?

16 Mar 2020, 20:50 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang dok Dok sy memiliki benjolan di payudara, ciri-cirinya tumornya bisa digerakkan dan kenyal jilka disentuh, tidak sakit jika ditekan. Apakah ini tumor payudara jenis fibroadenoma ? ketika sy tidur dan keadaan payudara posisi tertekan dgn bantal guling ataupun tangan sy ketika posisi tidur menyamping, esok paginya payudara sy seperti mengeluarkan cairan warna kuning dan ketika cairan itu kering, cairan itu memiliki tekstur keras. Untuk volume cairannya pun tdk byk. Bagaimana dok apakah tumornya berbahaya ? Ap yang hrus sy lakukan selain operasi ? Terima kasih.

Terimakasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter untuk bertanya seputar benjolan di payudara.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Perlu diketahui jenis benjolan di payudara untuk dapat mengetahui perlu tidaknya tindakan operasi. Untuk dapat mengetahui kemungkinan jenis benjolan yang dialami, dapat diperoleh melalui wawancara medis dan pemeriksaan fisik, serta bila perlu dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG, mamografi atau bahkan pemeriksaan darah berupa tumor marker dan biopsi jaringan.

Pada umumnya, benjolan yang pembesarannya lambat dan tidak mengganggu tidak perlu tindakan operasi. Namun pada beberapa kasus dibutuhkan pengambilan jaringan payudara untuk menilai apakah benjolan bersifat jinak atau ganas. Kami tidak dapat menentukan apakah itu benar fibroadenoma atau bukan. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan diri ke dokter spesialis bedah sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan dan memperoleh terapi yang tepat.

Benjolan merupakan gejala paling sering yang menjadi tanda waspada kanker payudara. Namun, kanker payudara dapat memberikan gejala lain selain benjolan.

Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut:

1. Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.

2. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.

3. Perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.

4. Nyeri pada payudara.

Untuk memastikannya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Kemungkinan Anda membutuhkan pemeriksaan mamografi atau USG payudara untuk pemeriksaan lanjutan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar benjolan di payudara, semoga bermanfaat.

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar