Sukses

Warna Kulit Gelap

16 Mar 2020, 12:25 WIB
Pria, 18 tahun.

Permisi dokter, saya ingin menanyakan jenis kulit yang saya miliki Sebelumnya saya asli Indonesia, beberapa kali sering sekali pulang pergi dari Jepang. Nah disini saya ingin menanyakan kulit yang saya miliki, beberapa hari tinggal di Jepang kulit saya menjadi putih sekali tanpa perawatan khusus sedikit pun hanya sekita seminggu saja berubah sekali dan saya balik ke Indonesia pun kulit saya berubah langsung menjadi sawo matang dalam 1-3 hari. Padahal itu dirumah terus dan penah saya coba gak kena matahari sedikit pun pas dirumah dalam beberapa hari tapi tetap saja berubah Kira kira itu kenapa ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami megerti kekhawatiran Anda. Perlu diketahui, warna semua jenis kulit berasal dari sel yang disebut melanosit. Sel ini menghasilkan melanosom, paket yang mengandung melanin kimia alami. Studi menunjukkan bahwa semua orang memiliki kadar melanosit yang sama. Perbedaannya adalah distribusi melanosom. Semakin besar dan semakin luas, maka kulit akan makin gelap.

Mengingat peran melanin dalam kulit adalah menyerap dan menyebarkan energi dari sinar ultraviolet, memiliki kulit gelap menurunkan risiko kerusakan akibat sinar matahari, terutama yang berkaitan dengan penuaan dan pembentukan kanker kulit.

Di waktu yang sama, kulit gelap juga lebih mungkin mengalami masalah pigmentasi. Bahkan, cedera kulit ringan seperti gigitan serangga, dapat menyebabkan perubahan pigmen kulit, memungkinkan timbulnya bintik hitam yang disebut hiperpigmentasi. Prosedur perawatan kulit seperti laser, dermabrasi, injeksi untuk kerutan, atau botoks juga dapat menimbulkan masalah pigmentasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar