Sukses

Batuk Pilek Pada Anak

16 Mar 2020, 04:09 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat sore dok keponakan saya umurnya 1,5 bulan, diketularan kakak nya batuk dan pilek, kebetulan dirumah ada nebulizer kira2 untuk menguapinya di obati apa ya dok, trs dosisnya bgm? Terima kasih mohon bantuannya dok

Halo, saya mengerti keluhan yang Anda rasakan.

Untuk batuk berdahak pada anak, dapat menggunakan obat-obatan yang mengandung ambroksol, n-asetilsistein, atau guaifenesin/gliseril guaiakolat. Namun konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat tersebut.

Selain menggunakan obat, batuk pilek dapat diatasi dengan obat-obatan tradisional yang telah terbukti dapat mengurangi peradangan yang terjadi, seperti jahe, madu (bila anak sudah di atas 1 tahun), kencur, omega-3 dan echinacea. (Baca: Cara Alami untuk Atasi Batuk dan Pilek Ringan pada Anak).

Bila batuk mengganggu tidur, Anda pun dapat melakukan cara-cara berikut:

  1. Biarkan anak beristirahat.
  2. Gunakan humidifier (pelembap udara) di kamar anak untuk memudahkannya bernapas dan rileks.
  3. Jika anak tidur, tinggikan posisi kepalanya untuk memudahkannya bernapas sewaktu batuk melanda.
  4. Jika anak terbangun saat batuk, berikan ia minuman hangat. Minuman hangat dapat mengencerkan lendir yang menempel di tenggorokan.

Sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter untuk mendapat penanganan yang sesuai kondisinya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya ya. Anda dapat juga berkonsultasi dengan dokter melalui Aplikasi Klikdokter kapanpun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui Play Store/ Android. Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar