Sukses

Pemulihan Pasca Operasi Penutupan Kolostomi

14 Mar 2020, 12:25 WIB
Wanita, 28 tahun.

Ayah saya rencana akan menjalani operasi penutupan kolostomi, bagaimana agar ayah saya lekas sembuh dan fit? Ayah saya sudah masuk usia 70 tahunan apakah ada efeknya?

Halo,

Saya memahami kekhawatiran Anda akan kondisi ayahanda.

Operasi penutupan kolostomi (colostomy reveral) hanya akan dilakukan saat kondisi pasien baik dan telah pulih sepenuhnya dari efek operasi sebelumnya. Biasanya ini dilakukan paling sedikit 12 minggu setelah kolostomi.

Waktu pemulihan operasi penutupan kolostomi umumya lebih cepat ketimbang pasca kolostomi itu sendiri. Sebagian besar dapat pulang dari rumah sakit 3-10 hari setelah dilakukan tindakan bedah. Meski demikian, fungsi usus membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih, jadi pasien dapat mengalami konstipasi atau sebaliknya diare selama ini.

Agar ayahanda cepat pulih tentunya jaga kesehatan sedari sekarang dengan mengonsumsi makanan sehat serta multivitamin. Dan rutin mengonsumsi obat yang diresepkan dokter. Kecukupan tidur juga diperlukan. 

Pasca operasi, upayakan untuk konsumsi makanan tinggi protein agar luka operasi cepat pulih. Setlain itu, hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus, makan terlalu malam, terlalu sedikit, atau terlalu sering.

Beberapa makanan juga dapat mengiritasi usus, karenanya hindari makanan yang asam, seperti buah-buahan yang tergolong jeruk, makanan pedas, makanan yang terlalu berlemak, sayur-sayuran yang meningkatkan gas dalam usus, seperti kol dan bawang, serta minuman beralkohol dan minuman bersoda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda juga dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui:Play Store/Android: https://www.klikdokter.com/downloadApp Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga ayahanda sehat selalu. (FA)

1 Komentar

  • Roi******

    Assalamu'alaikum dokter, sy pasien baru saja penutupan colostomy, tapi saya sekarang nafsu makannya tinggi, perut agak membesar, kemaren 2 minggu pasca operasi BAB setiap hari, sekarang kembali lagi BABnya kadang 2-3 hari, apa tidak membahayakan usus saya yang kemaren di sambung dok... Terima kasih atas perhatiannya