Sukses

Batuk 2 Minggu dengan Sesak Nafas

12 Mar 2020, 08:53 WIB
Pria, 29 tahun.

malam dok, mau tanya kalo batuk sudah 2 minggu disertai sesak nafas kenapa ya dok? tapi tidak disertai demam

Terima kasih telah bertanya seputar batuk 2 minggu melalui Tanya Dokter.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  • Asma
  • Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus, atau infeksi baru seperti Covid-19
  • Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung.Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor)
  • Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Apakah anda memiliki riwayat kontak dengan pasien berisiko Covid-19? Apakah ada riwayat kontak dengan pasien lainnya misalnta pasien TB? Jika belum melakukan pemeriksaan dahak, coba lakukan pemeriksaan sputum BTA. Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Setelah diketahui pasti penyebabnya, Anda baru akan diberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda simak:

8 Penyebab Batuk Kronis

Kenali Perbedaan Batuk TBC dan Batuk Biasa

Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait batuk 2 minggu. Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter, Anda juga bisa berkonsultasi melalui aplikasi KlikDokter dengan mendownload via PlayStore atau AppStore.

0 Komentar

Belum ada komentar