Sukses

Penanganan Asam Urat bagi Ibu Menyusui

12 Mar 2020, 08:23 WIB
Pria, 39 tahun.

OBAT ASAM URAT UNTUK IBU MENYUSUI APA YA

Terima kasih telah bertanya seputar penanganan asam urat untuk ibu menyusui melalui Tanya Dokter.

Pada umumnya obat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol dapat anda konsumsi setelah anda melewati masa menyusui. Saat ini untuuk mengontrol kadar asam urat dan kolesterol anda, sebaiknya dimulai dengan modifikasi gaya hidup terlebih dahulu.

Asam urat merupakan hasil dari pemecahan purin yang  didapat baik dari makanan maupun dari tubuh sendiri yang memproduksinya. Diet rendah asam urat bertujuan untuk mengendalikan produksi asam urat dalam tubuh dan membantu meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh. Dalam makanan sehari-hari, jumlah purin yang  dikonsumsi sekitar 600-1.000 mg/hari. Diet rendah purin hanya memperbolehkan seseorang mengonsumsi bahan makanan yang mengandung sekitar 100-150 mg purin/hari.

Hindari mengonsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi purin (sekitar 100-1.000 mg purin/100 g bahan makanan) seperti : daging merah, jeroan, roti manis, unggas, daging rusa,  seafood (remis, kepah, kepiting, udang, lobster, scallop, ikan-ikan kecil termasuk ikan teri, hering, makarel, sarden).

Batasi konsumsi (masih boleh dikonsumsi, tetapi dalam jumlah terbatas sekitar 1-2 porsi/hari) bahan makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 g bahan makanan) seperti jamur, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, kacang kedelai, pisang, nangka, bayam, jagung manis, tauge, buah yang dikeringkan, dan lain-lain.

Bahan makanan yang mengandung rendah purin diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain buah-buahan dan sayuran segar kecuali yang disebutkan di atas, susu, keju, telur, cereal, pasta, mie, nasi, kopi, cokelat, dan lainnya.

Kurangi konsumsi lemak jenuh karena lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh mengeluarkan asam urat. Batasi alkohol, bir, ragi, dan minum air putih dalam jumlah cukup karena akan membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Berikut beberapa artikel yang dapat anda simak:

Cara Alami untuk Mengatasi Asam Urat

5 Makanan Ini Haram untuk Penderita Asam Urat

Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait penanganan asam urat pada ibu menyusui. Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter, Anda juga bisa berkonsultasi melalui aplikasi KlikDokter dengan mendownload via PlayStore atau AppStore.

0 Komentar

Belum ada komentar