Sukses

Benjolan di Selangkangan

11 Mar 2020, 10:23 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya ada keluhan bengkak di selangkangan kiri, tapi lama-lama ilang dan timbul lagi, awal nya saya rasa karna celana dalam saya terlalu ketat jadi yg bengkak itu akibat gesekan sama celana dalam nya, tapi sekarang bengkak lagi dan sempat ada nanah kayak jerawat gitu, itu kira2 kenapa ya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Apakah benjolan tersebut bertambah besar? Apakah ada nyeri, kemerahan dan teraba panas? Apakah ada demam? Apakah Anda mengalami keputihan atau nyeri saat berkemih? 

Benjolan di selangkangan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening yang dipicu karena adanya infeksi. Infeksi yang tersering adalah berasal dari area genitalia, seperti keputihan, infeksi saluran kemih, dan infeksi menular seksual. Apabila penyebabnya infeksi, maka dengan mengatasi infeksi tersebut, benjolan juga akan hilang dengan sendirinya.

Namun, benjolan di selangkangan juga bisa disebabkan karena kista, bisul, bahkan limfoma (kanker kelenjar getah bening). Oleh karena itu, benjolan apapun yang timbul tetap harus diwaspadai dan dicari tahu apa penyebabnya. Untuk penanganan sementara dirumah, hindari menggunakan celana yang ketat dan mengompres benjolan dengan air hangat. Jika nyeri, Anda bisa mengkonsumsi obat anti nyeri. Saya sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik terhadap keluhan tersebut. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri lekas membaik dan sehat selalu.

 

0 Komentar

Belum ada komentar