Sukses

Bisakah Virus Corona Tertular dari Parfum?
11 Mar 2020, 08:47 WIB
Wanita, 20 tahun.

Saya ingin bertanya tolong dijawab dok. Saya ingin beli parfum dari china, apakah bisa virus corona menyebar dari parfume tersebut? Apakah bisa air liur atau semacam apapun dicampurkan ke dalam parfum tersebut dapat menyebarkan virus corona bagi kita yang menghirup nya ? Terima kasih semoga bermanfaat untuk saya dan semua

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan. 

Penularan virus corona antar sesama manusia memang sangat cepat. Bahkan sampai saat ini ada puluhan ribu kasus yang menyebar di berbagai negara. Gejala yang ditimbulkan sama seperti flu biasa, yaitu batuk, pilek, sakit kepala, bersin, demam dan nyeri tenggorokan. Meskipun demikian, penularan virus ini bisa dicegah dengan melakukan cuci tangan rutin dan tidak sering memegang bagian wajah. 

Perlu diketahui penyebaran virus corona melalui partikel kecil yang keluar dari mulut dan hidung penderitanya (droplet). Tapi virus ini tidak bisa bertahan lama hidup diluar tubuh. Apabila ada orang dengan sengaja memasukkan air liurnya yang terinfeksi corona ke dalam parfum jualannya, maka virus tersebut juga tetap tidak bertahan lama. Karena di dalam parfum juga terdapat berbagai kandungan seperti alkohol yang membuat virus itu bisa mati. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri lekas membaik dan sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar