Sukses

Keringat Berlebih Di Wajah, Punggung dan Telapak Tangan

10 Mar 2020, 14:36 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo dok selamat malam Saya ingin bertanya, jadi 1 tahun terakhir ini saya sering berkeringat di belakang punggung,wajahdan telapak tangan. Waktu itu saya pernah tanya ke dokter anak saat usia saya belum 17, katanya hormon. Tetapi apakah ada indikasi lain dok? karena kadang napas saya agak sesak seperti tidak nyaman bernafas dan barusan saya mengeluarkan reak berupa darah tapi tidak banyak (bukan pertama kalinya). Apakah ada saran untuk mengatasi ini? Terimakasih dok.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan. 

Hiperhidrosis atau keringat berlebih adalah suatu kondisi dimana kelenjar keringat lebih aktif bekerja sehingga mengeluarkan keringat berlebih. Hiperhidrosis terbagi dalam 3 bentuk, yaitu: 

1. Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi  tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.

2. Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih.

3. Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur.

Kondisi tersebut bisa disebabkan karena genetik, gangguan hormon, gangguan saraf, faktor psikologis dan obesitas. Untuk mengatasinya bisa dengan obat oral, penggunaan antiprespirant, suntikan botulinum, Teknik Iontophoresis, dan operasi. 

Untuk keadaan sesak napas dan reak berdarah,biasanya berhubungan dengan paru-paru dan diperlukan informasi tambahan dan pemeriksaan fisik secara langsung untuk mengetahui penyebabnya. Apakah Anda memiliki keluhan batuk lama? Apakah ada demam,keringat berlebih pada malam hari dan penurunan berat badan yang drastis? Saya sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengatasi keluhan Anda ini.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri lekas membaik dan sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar