Sukses

Nyeri Pada Payudara

10 Mar 2020, 09:40 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya mau tanya payudara saya suka terasa sakit itu knpa ya

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Apakah nyeri pada kedua payudara atau salah satu? Sudah berapa lama nyerinya Anda rasakan? Apakah nyerinya terus - menerus atau hilang timbul? Apakah ada benjolan? Apakah ada bengkak, kemerahan, teraba panas, nyeri saat disentuh dan demam? Apakah sedang hamil atau menyusui?

Nyeri payudara atau dikenal dengan sebutan mastalgia dalam medis, dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari radang, kista, trauma dan hormonal. Radang biasanya memberikan gejala bengkak, kemerahan dan nyeri saat disentuh. Kista pada payudara biasanya ditandai dengan benjolan yang akan nyeri menjelang haid. Sedangkan hormonal, merupakan hal yang normal terjadi saat menjelang haid. Hal ini terjadi karena perubahan hormon estrogen dan progesteron.

Untuk dapat mengetahui secara pasti penyebab nyeri payudara Anda, silahkan konsultasi langsung dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik dan mungkin membutuhkan pemeriksaan tambahan seperti USG payudara. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan SADARI sendiri dirumah untuk mengecek apakah ada benjolan atau tidak. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri lekas membaik dan sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar