Sukses

Merasa Lemas, Pusing dan Mual
10 Mar 2020, 09:05 WIB
Wanita, 22 tahun.

Gini dok, saya mau nanya ibu saya itu lemes pusing sama mual, kenapa ya dok lemes aja, tapi udah di cek semuanya normal,

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan.

Lemas, pusing dan mual merupakan gejala yang sering terjadi. Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari yang ringan sampai berat. Berikut hal-hal yang dapat menyebabkannya:

  • Kurangnya asupan makananJika asupan makanan tidak mencukupi kebutuhan tubuh, maka bisa terjadi penurunan kadar gula darah dalam tubuh Ibu Anda yang menyebabkan keluhan lemas, pusing dan mual tersebut. Keluhan lain juga dapat muncul, seperti keringat dingin, gemetaran hingga berdebar-debar.
  • AnemiaAnemia atau kurangnya jumlah hemoglobin (darah merah) pada tubuh adalah penyebab lemas yang paling sering terjadi. Hal ini harus dipastikan dengan pemeriksaan darah. Tanda lain yang dapat muncul, seperti mudah ngantuk, lelah dan susah berkonsentrasi.
  • Gangguan lambungPenyakit maag adalah gangguan lambung tersering yang dirasakan. Hal ini membuat timbulnya nyeri pada ulu hati, perut kembung, mual sehingga nafsu makan dapat berkurang. Tingginya asam labung juga bisa menyebabkan pusing.
  • Gangguan tiroidKelebihan dan kekurangan hormon tiroid dapat menyebabkan kelelahan. Kelenjar tiroid berfungsi untuk memproduksi hormon tiroksin. Selain itu kelenjar tiroid bertugas mengontrol tubuh dalam produksi hormon dan pembakaran energi yang akan membantu mengatur detak jantung, tekanan darah, serta suhu tubuh. Tentunya hal ini harus dipastikan dengan pemeriksaan darah.
  • Kurang istirahat Istirahat adalah waktu bagi sel-sel tubuh untuk beregenerasi dan pemulihan kembali tenaga untuk beraktivitas. Jadi jika tubuh kurang istirahat akan muncul gejala lemas.

Gejala yang ibu Anda rasakan tidak boleh dianggap enteng, perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk menggali informasi mengenai keluhan tambahan yang dirasakan dan juga pemeriksaan fisik langsung. Untuk penanganan dirumah, pastikan ibu Anda istirahat yang cukup, cukupi kebutuhan makanan dan cairan harian, dan mengatasi pusing dengan obat anti nyeri.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga ibu Sdri lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar