Sukses

Batuk berdahak dan vertigo

10 Mar 2020, 06:31 WIB
Wanita, 20 tahun.

saya sudah merasa tidak enak badan dari januari akhir lalu waktu awal februari saya kadang batuk tapi batuknya itu karna tenggorakan gatel. dan saya tidak pergi ke dokter karna katanya itu masih biasa. semakin kesini saya lumayan sering batuk berdahak. apakah itu berbahaya atau karna terlalu parno karna corona virus yah? saya sendiri dari tahun 2019 sering pusing bahkan hari minggu kemarin kepala saya pusing kata dokter itu fertigo apakah benar?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Sdri rasakan. 

Batuk berdahak bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Selain itu, reaksi alergi terkadang juga bisa mencetuskan hal tersebut. Harus diperhatikan juga karakteristik dahak dan gejala lainnya, apakah berwarna putih atau kehijauan? Apakah disertai nyeri menelan? Apakah anda sedang flu? Apakah suara menjadi serak ? 

Batuk tersebut akan diobati sesuai dengan penyebabnya. Apabila karena bakteri maka akan diberikan antibiotik, tetapi apabila karena virus, cukup istirahat yang cukup dan makan yang banyak.

Untuk mengurangi gejala batuk berdahak itu sendiri, anda dapat membeli obat yang bebas dijual dengan kandungan ambroxol, bromhexine HCl atau Guaifenesin.

Sedangkan vertigo termasuk kedalam gangguan keseimbangan yang dinyatakan sebagai pusing, pening, sempoyangan, rasa seperti melayang atau dunia seperti berjungkir balik. Keluhan lain yang berhubungan dengan vertigo adalah berkurangnya pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), mual, muntah, atau rasa penuh pada telinga.

Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri.  Vertigo juga dapat berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba. 

Bila keluhan Anda tidak membaik atau bertambah parah, segera periksakan diri Anda langsung ke dokter untuk mendapat penanganan yang sesuai.

Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Inilah 5 Penyakit Lain yang Gejalanya Mirip Virus Corona

5 Cara Jitu Atasi Batuk Berdahak

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri lekas membaik dan sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar