Sukses

Batuk Lama, Kapan Harus Minum Obat?

09 Mar 2020, 18:23 WIB
Wanita, 38 tahun.

Halo dok, saya mau tanya. Sudah 2 bulan lebih batuk saya belum sembuh .Sudah ke dokter, dan dokter bilang tidak ada apa apa. Sempat sembuh beberapa hari, namun kambuh lagi ketika saya makan ice cream. Ketika tenggorokan gatal, maka batuk saya akan datang. Kadang tenggorokan terasa pedih. Dahak berwarna putih. Saya tidak pilek, demam, sakit kepala. Di tengah isu covid ini, saya jadi kuatir dok. Dalam beberapa hari ini, saya start makan obat batuk lagi. Tapi harus sampai kapan makan obat dok? Apakah saya harus check lagi ke dokter? Di tunggu balasan nya dok. Terima Kasih

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Selamat sore.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Perlu diketahui lebih dalam mengenai keluhan demam, batuk, pilek, sakit kepala yang Anda alami terkahir. Jika kondisi yang dialami masih kurang dari 5 hari, kemungkinan dapat disebabkan infeksi virus. Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjaga pola makan sehat, konsumsi air minimal 2 liter dalam sehari dan istirahat yang cukup. Bila perlu Anda dapat konsumsi vitamin. Untuk gejala yang Anda alami, dapat konsumsi paracetamol untuk menurunkan demam dan sakit kepala serta obat lain untuk mengurangi gejala batuk dan pilek.

Namun jika kondisi tidak membaik, Anda dapat melakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter untuk menilai apakah ada kemungkinan infeksi bakteri. Jika ya, dokter akan memberikan antibiotik yang seusai dengan kemungkinan penyebab keluhan yang Anda alami.

Selain itu, sangat penting untuk mencuci tangan dengan rutin dan menggunakan masker sehingga dapat menghindari risiko terjadinya penularan ke orang di sekitar.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter. Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut dapat melalui fitur live chat dalam aplikasi KlikDokter.

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar