Sukses

Menghilangkan Bekas Eksim

08 Mar 2020, 22:51 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, usia saya 23 tahun.. Saya memiliki bekas eksim di tungkai yang selama 2 tahun ini blm hilang dan menyisakan rasa gatal padahal sudah kering.. Karna sering kali tidak tahan gatalnya, saya garuk yg akhirnya luka tsb terasa lebih tebal namun kering.. Apakah ini bisa sembuh dan memudar jika saya oleskan dermatix ultra?

Terima kasih telah bertanya seputar cara menghilangkan bekas eksim dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Bekas eksim memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas eksim yang menghitam biasanya dapat menggunakan krim. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah  tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat).

Terapi laser pun terbukti efektif dalam mengatasi beberapa kelainan pigmen, kendati angka keberhasilan setiap individu sangat bervariasi. Beberapa jenis laser yang kerap digunakan untuk terapi ini adalah:

  1. Laser dengan pancaran sinar hijau : Flashlamp-pumped Pulsed Dye Laser (PDL) (510nm), Q Switched Neodymium: Yttrium Aluminium Garnet-532 nm (QS Nd:YAG) frekeuensi ganda
  2. Laser dengan pancaran sinar merah: QS Ruby (694 nm), QS Alexandrite (755 nm)
  3. Laser dengan pendekatan infra merah: QS Nd:YAG (1064 nm).

Laser dengan pancaran sinar hijau bekerja tidak sedalam jenis laser yang lain. Untuk itulah, laser jenis ini hanya dipergunakan untuk terapi kelainan pigmen yang berada di lapisan epidermis. Efek samping dari laser jenis ini adalah lebam dan bintik kemerahan tanda perdarahan pada kulit. Hal ini disebabkan karena sinar laser hijau diserap dengan baik oleh oxyhaemomglobin. Efek samping akan menghilang dalam waktu 1-2 minggu paska terapi, dan berkas kehitaman pada kulit pun diharapkan memudar dalam jangka waktu 4-8 minggu. Pada beberapa orang, terapi ini justru akan menyebabkan terjadinya Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH), kondisi kehitaman pada kulit.

Laser dengan pancaran sinar merah memiliki panjang gelombang yang lebih panjang sehingga dapat menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Atas dasar inilah laser ini kerap digunakan untuk terapi kelainan pigmen karena tidak terserap oleh haemoglobin dan tidak menyebabkan lebam atau tanda perdarahan yang lain. Laser dengan pancaran seperti infra merah memiliki kemampuan menyerap melanin, sel warna kulit, lebih lemah dibandingkan dengan dua jenis laser yang lain. Keuntungan dari laser jenis ini adalah kemampuannya untuk menembus hingga ke lapisan dalam kulit. Laser ini sangat efektif untuk mereka yang memiliki warna kulit gelap.

Hindari penggunaan bahan/krim apapun sebelum berkonsultasi dengan dokter, agar tidak timbul iritasi. Iritasi yang terjadi dapat memperparah bekas luka Anda. Bekas eksim tersebut dapat disamarkan, namun tentunya memerlukan waktu. Untuk itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter kulit untuk petunjuk terapi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan seputar cara menghilangkan bekas eksim, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar