Sukses

Benjolan pada dubur wanita hamil

08 Mar 2020, 21:08 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalamualaikum dok... Maaf sbelumnya... Saya mempunyai benjolan di sekitar maaf(anus).. Kadang benjolan trsebut menggelembung dan kadang juga kempis.. Tp itu tetap ada di luar/skitar anus.. Tidak masuk kedalam... Apa itu penyakit wasir dok? Jika iya itu sudah masuk tahap yang parah apa belum? Soalnya tidak ada rasa sakit sama skali.. Tp sekarang saya baru hamil muda.. Kog jarang sekali BAB.. Dan susah... Terimakasih dok 🙏

Halo Ibu, saya mengerti keluhan yang Ibu sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Ibu.

 

Wasir/ambeien atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus. Keadaan ini umumnya ditandai olehadanya benjolan di dubur. Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemorrhoid eksternal.

Hemorrhoid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal.

Hemorrhoid interna muncul didalam rektum, biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi:

Grade I: wasir tidak keluar dari rektum

Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan

Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)

Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Dari keluhan yang Ibu alami, sepertinya saat ini antara wasir yang terdapat di luar atau wasir yang terdapat di dalam dubur namun berada pada grade II. Untuk memastikan hal tersebut, perlu ditegakkan diagnosis oleh dokter. 

Wasir seringkali terjadi pada ibu hamil karena tekanan yang meningkat di area panggul, sehingga hal yang terjadi pada Ibu merupakan suatu hal yang sering ditemukan.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui:

Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-

App Store: https://app.adjust.com/n01yug7

Semoga Ibu lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar