Sukses

Kulit Kepala Berminyak dan Rambut Rontok

04 Mar 2020, 16:48 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya mau konsultasi. saya punya masalah dengan kulit kepala, kulit kepala saya kalo engga keramas sehari saja sdh berminyak dan rambut rontok jadi terpaksa saya harus keramas setiap hari, sudah coba berbagai macam shampo tapi tidak ada perubahan apa-apa.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Ada ungkapan bahwa rambut adalah mahkota bagi perempuan. Jadi setiap perempuan pasti menginginkan memiliki rambut yang sehat, kuat dan subur. Permasalahan pada rambut yang paling sering dialami oleh siapa saja, yaitu rontok dan berminyak. Kedua masalah ini tentu saja mengganggu penampilan dan membuat penderitanya bisa stress. 

Kerontokan rambut adalah kehilangan rambut yang berkisar lebih dari 100 helai per hari. Rambut rontok yang tidak ditangani, akan menimbulkan kebotakan. Penyebab kerontokan rambut ada berbagai macam, yaitu hormon, infeksi, kemoterapi, anemia, pengobatan tertentu, nutrisi, stress,dll. Tidak gampang memang mengatasi rambut rontok dan berminyak karena penyebabnya bisa sangat kompleks. 

Anda bisa mengatasi rambut berminyak dan rontok dengan cara ini:

  1. Jaga asupan makanan. Banyaklah mengkonsumsi makanan tinggi protein, zat besi dan zinc untuk pembentukan keratin rambut.
  2. Hindari stress berlebih
  3. Gunakan minyak alami, seperti minyak kelapa untuk meningkatkan aliran darah ke folikel rambut dan menguatkan akar rambut
  4. Jangan terlalu sering menata rambut dengan panas yang tinggi
  5. Gunakan perawatan rambut khusus untuk rontok dan berminyak

Jika rambut rontok Anda sudah sangat mengganggu bahkan sampai menimbulkan kebotakan, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit untuk medapatkan penanganan yang sesuai. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar