Sukses

Sakit Saat Buang Air Kecil

04 Mar 2020, 16:32 WIB
Wanita, 20 tahun.

Siang dok , Jdi saya mau tnya ? Saya sering sakit saat Mw pipis ini udh 1 mingguan , & kebetulan saya udh telat haid 3 minggu dok? Apa saya hamil dok? Dan sakit saat pipis apa itu tnda2 kehamilan? Atau ada gejala lain? Mihon jawabannya ? Terimakasih sblumnya😊

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Sakit saat buang air kecil (BAK) biasanya penyebab terseringnya adalah karena adanya infeksi pada saluran kemih. Infeksi ini lebih rentan terkena pada wanita karena anatomi dari saluran kencing wanita yang lebih pendek sehingga lebih gampang bakteri untuk masuk ke dalam kandung kemih. Gejala yang muncul seperti nyeri saat berkemih, rasa tidak tuntas, nyeri perut bawah, terasa panas, demam sampai kencing berdarah. Gejala yang dirasakan tiap orang bisa berbeda-beda tergantung dari tingkat keparahannya. 

Biasanya, ISK terjadi karena beberapa faktor risiko, yakni minum sedikit, higienitas yang buruk, sering menahan BAK, dan hubungan seksual yang tidak sehat. Secara umum, penyakit ini tidak menular. ISK disebabkan oleh beberapa jenis kuman penyakit, dan beberapa di antaranya dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Perlu Anda ketahui juga bahwa sakit saat BAK tidak ada hubungannya dengan kehamilan. Jika Anda telah telat haid selama 3 minggu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan testpack untuk mengetahui Anda hamil atau tidak. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar