Sukses

Luka Keloid di Wajah

04 Mar 2020, 08:53 WIB
Wanita, 17 tahun.

Saya ingin menayakan apakah luka keloid kecil pada wajah bisa ilang seutuhnya?karena saya melalukan beberapa research bahwa luka keloid tidak dapat hilang,tp ini sangat menganggu saya krn terdapat pd wajahūüė≠ tlg beritahu apa yg hrs saya lakukan,sebelumnya saya pernah suntik kesteroid sekali terimakasiii

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Bekas luka yang menonjol atau disebut keloid memang bisa menjadi mimpi buruk bagi siapa saja yang memilikinya. Apalagi jika keloid itu berada pada bagian wajah. Tentu akan sangat mengganggu estetika penderitanya. Luka keloid ini bisa muncul akibat jerawat, luka bakar, luka operasi, dll. Keloid muncul akibat penyembuhan luka yang tidak normal menyebabkan serat kolagen didalamnya besar dan tidak beraturan sehingga timbul jaringan parut yang tidak normal, bertumbuh dan menonjol melibihi batas luka. Jika sudah begini, pasti kebanyakan orang akan mencari cara untuk menghilangkannya. 

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan keloid:

  • Penggunaan obat-obatan.¬†¬†Obat yang sering digunakan untuk menghilangkan keloid adalah kortikosteroid dan penggunaannya dengan suntikan. Suntikan ini tergolong aman digunakan tapi penggunaannya tidak cukup sekali dan harus rutin digunakan sampai keloid tersebut kempes. Tapi efek samping dari obat ini adalah dapat membuat timbul kemerahan pada keloid dan bekas luka pada kulit biasanya akan tetap terlihat berbeda dari kulit sekitarnya.
  • Dermabrasi.¬†Prosedur ini sudah dikenal untuk mengatasi bekas luka dengan cara mengelupas lapisan atas kulit menggunakan alat yang bekerja dengan cara berputar dipermukaan kulit wajah.
  • Chemical Peel.¬†Prosedur ini menggunakan bahan kimia untuk mengelupas kulit yang memiliki luka keloid. Ada 3 tipe penggunaanna sesuai dengan jenis luka.
  • Laser.¬†Tujuan prosedur ini sama dengan diatas, yaitu mengangkat lapisan atas kulit. Namun,¬†Prosedur ini menggunakan sinar laser bertenaga tinggi dan terdiri dari 2 tipe, yaitu erbium dan karbon dioksida.
  • Operasi.¬†Operasi plastik adalah prosedur paling invasif. Pada luka yang cukup dalam dan melebihi batas luka, mungkin diperlukan prosedur ini. Jika Anda ingin menghilangkan bekas luka di wajah dengan prosedur ini, dokter yang harus Anda datangi untuk melakukan konsultasi adalah dokter spesialis bedah plastik
  • Cryotherapy.¬†Prosedur ini bekerja dengan cara membekukan luka keloid dengan nitrogen cair.¬†Menurut ahli kesehatan kulit, krioterapi sebaiknya dilakukan sebanyak tiga kali atau lebih supaya hasilnya lebih maksimal. Namun, metode ini dapat meninggalkan bekas berwarna gelap pada kulit.

Ada beberapa macam tindakan yang dapat Anda pilih untuk mengatasi luka keloid pada wajah Anda. Namun sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis kulit untuk menentukan mana yang cocok untuk Anda. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

    

 

0 Komentar

Belum ada komentar