Sukses

KB untuk Ibu Menyusui

04 Mar 2020, 08:52 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok saya mau tanya untuk istri saya mau KB tetapi masih ingin tetap menyusui gimana ya dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdra, 

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Penggunaan KB memang menjadi pilihan utama saat ingin menunda dan menjarakkan kehamilan. Khusus untuk ibu menyusui, pilihan KB pun harus dipilih dengan baik. Sebenarnya saat istri Anda menyusui eksklusif selama 6 bulan pertama, maka dapat menunda kehamilan secara alami. Ini disebut sebagai metode kontrasepsi MAL ( Metode Amenore Laktasi).  Namun, ibu menyusui perlu mulai waspada jika frekuensi menyusu sudah menurun atau menstruasi kembali. Artinya ibu menyusui sudah membutuhkan metode kontrasepsi tambahan lainnya.

Berikut pilihan alat kontrasepsi (KB) untuk ibu menyusui:

  • Pil KB Progestin. Terdapat 2 macam pil KB, yaitu yang mengandung hormon progesterone saja dan yang mengandung estrogen dan progesterone. Tapi yang mengandung estrogen dapat mengurangi produksi ASI, sehingga yang digunakan untuk ibu menyusui adalah yang mengandung progesterone / progestin saja (minipil).
  • AKDR atau IUD. Alat kontrasepsi yang dikenal juga dengan sebutan spiral ini aman untuk ibu menyusui. Alat ini bisa dipasang di dalam rahim langsung setelah melahirkan dan bisa juga beberapa minggu setelahnya. 
  • KB Suntik dan Susuk . KB ini bisa digunakan oleh ibu menyusui hanya yang mengandung hormon progestin saja, agar tidak mengganggu produksi ASI. Kontrasepsi suntik progestin mengandung depo medroksiprogesteron asetat (DMPA) 150 mg dan disuntikkan setiap 3 bulan sekali. Sedangkan KB susuk adalah alat kontrasepsi yang dimasukkan ke bawah kulit dan mengandung progestin yang dilepaskan sedikit demi sedikit dalam kadar rendah.
  • Kondom . Alat kontrasepsi ini juga banyak menjadi pilihan untuk menunda kehamilan. Karena alat ini mudah digunakan dan dapat mencegah kehamilan sampai 99%. Namun penggunaannya harus benar agar kemungkinan bocor saat digunakan tidak terjadi.

Sebelum istri Anda memilih jenis kondom yang ingin digunakan, sebaiknya berdiskusilah terlebih dahulu dengan pasangan. Cari tahu lebih jauh mengenai efek samping masing-masing KB yang dapat timbul saat digunakan.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar