Sukses

Benjolan pada Kemaluan Wanita
03 Mar 2020, 10:20 WIB
Wanita, 18 tahun.

Assalamualaikum Dok, saya ingin konsultasi dan bertanya. Jadi umur saya 18 tahun, belakangan ini saya sering iritasi menggunakan pembalut yang ada dipasaran kadang juga sampai muncul benjolan kecil perih di sekitar kemaluan dan tempatnya berbeda-beda. Tapi setelah selesai haid 2-3 harian benjolannya hilang. Nah minggu kemarin selesai haid, ternyata benjolannya tidak hilang. Malah makin menyebar dari kemaluan sampai anus. Sebenarnya saya juga punya ambeien luar Dok tapi kecil. Lalu, 5 hari setelah selesai haid saya coba pakai pantyliner herbal yang katanya bisa menyembuhkan seperti merk A. Tapi setelah pemakaian, malah keluar darah, kadang keluar sedang, kadang banyak jadi tidak tentu. Dan ini sudah diluar jadwal haid. Benjolannya juga belum kempes tapi sudah tidak perih. Apa ini termasuk darah istihadah? Lalu penyebabnya apa ya Dok? Apa yang sebaiknya saya lakukan Dok?

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Tampaknya ada beberapa keluhan yang merisaukan anda.

1. Benjolan pada kemaluan

Jika benjolan muncul di pangkal rambut kemaluan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut sebagai folikulitis. 

Beberapa penyakit lainnya yang menimbulkan kelainan menyerupai jerawat di kemaluan:

  • Kondiloma akuminata/Kutil pada kelamin,  merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV).
  • Sifilis atau penyakit raja singa, merupakan salah satu penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Penyebab penyakit Sifilis adalah bakteri Treponema pallidum. Infeksi ini dapat menyebabkan berbagai keluhan pada tubuh manusia. Dari sekedar muncul bercak kemerahan di kelamin, kemudian munculnya luka-luka kecil, demam, sakit kepala dan diikuti gejala infeksi umum lainnya.
  • Herpes Simpleks, Infeksi Herpes Simpleks Virus tipe 2 adalah infeksi virus yang umumnya dapat terlihat pada kemaluan seseorang, dan ditularkan melalui hubungan intim atau seksual. Namun bisa juga ditemukan pada bagian kulit lain. Gejala yang dapat muncul adalah adanya lesi kemerahan pada kulit, terutama tempat virus tersebut masuk. Pasien akan mengeluhkan adanya benjolan yang sakit atau adanya gelembung berisi cairan.
  • Moluskum Kontagiosum, merupakan penyakit yang disbabkan oleh poxvirus. Penyakit ini menyebabkan gejala terbentuknya papul yang cukup banyak. Papul merupakan benjolan yang berbatas tegas dan sewarna dengan kulit. Salah satu ciri khas dari penyakit moluskum kontagiosum adalah adanya lekukan pada benjolan moluskum. Benjolan ini dapat mengeluarkan bahan seperti nasi jika ditekan.
  • dll

2. Wasir

Wasir atau dikenal dengan hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. 

Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

  • Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.
  • Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

Grade I       : wasir tidak keluar dari rektum

Grade II      : wasir keluar dari rektum saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan

Grade III   : wasir keluar saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus didorong kembali dengan tangan

Grade IV   : wasir keluar dari rektum namun tidak dapat dimasukkan kembali

Wasir derajat 1 atau 2 tidak membutuhkan operasi. Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, dan perbanyak minum air putih. 

3. Haid di luar jadwal 

Mengenai keluhan Anda yaitu mengalami keluar bercak darah di luar siklus haid, jika jumlahnya masih dalam batas kewajaran, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika banyak terjadi cukup sering dan dalam waktu lama, mungkin telah terjadi perdarahan diluar siklus haid. Perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi.

Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease / Radang Pelvis

Mengingat banyaknya kemungkinan penyebab untuk ketiga hal yang anda keluhkan, sulit bagi kami menentukan secara pasti tanpa pemeriksaan. Kami sarankan anda memeriksakan diri lebih lanjut, sehingga keluhannya dapat langsung diperiksa oleh dokter.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar