Sukses

Perut Anak Sering Kembung
01 Mar 2020, 01:49 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat siang dok, Saya mempunyai anak usia 7 tahun, yang sering merasa tidak nyaman dan kembung perutnya. Sekilas dari pengamatan saya, sepertinya tampaknya anak saya pencernaannya kurang lancar Dok. Apa yang sebaiknya saya lakukan agar anak saya jadi sehat? Terimakasih.

Halo,

Saya memahami kekhawatiran Anda akan kondisi si Kecil.

Perut kembung merupakan keluhan ketika perut terasa penuh dan tegang, terkadang disertai dengan menurunnya frekuensi buang angin. Pada anak maupun dewasa normal, frekuensi buang angin dapat mencapai 14-23 kali sehari.

Perut kembung dapat terjadi akibat tertelannya udara, konsumsi makanan atau minuman tertentu yang masuk ke tubuh, atau karena proses pencernaan di dalam tubuh yang kurang baik. Anak lebih rentan mengalami perut kembung, karena saluran pencernaannya masih dalam tahap berkembang menjadi sempurna.

Selama ini, bagaimana pola makan si Kecil? Apakah ada kesulitan dalam mengonsumsi produk susu? Atau si Kecil suka mengonsumsi makanan yang tinggi serat? Bagaimana dengan pola BABnya sehari-hari? Normalnya, frekuensi BAB pada anak yakni 3 kali sehari hingga 3 hari sekali.

Bila memang kondisi ini kerap hilang timbul dan mengganggu aktivitas si Kecil, segera konsultasi dengan dokter anak untuk dilakukan evaluasi. Dengan mengetahui diagnosis yang sebenarnya, maka bisa diberikan pengobatan yang tepat.

Baca juga:

Perut Kembung

 

Cara Mengatasi Perut Kembung yang Dialami Si Kecil

Atasi Perut Kembung dengan 9 Cara Praktis Ini

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda juga dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui:Play Store/Android: https://www.klikdokter.com/downloadApp Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga si Kecil sehat selalu. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar