Sukses

Massa di dalam Kandung Empedu

01 Mar 2020, 01:48 WIB
Pria, 66 tahun.

Selamat malam, Dok. Ayah saya umur 66 tahun, berdasarkan hasil usg ada tumbuh daging pada kantung empedu. Pertama kali diketahui 6 bulan yg lalu dengan ukuran 2,4 cm dan hingga sekarang terus bertambah besar mencapai 4,39 cm. Tetapi tidak ada gejala atau rasa sakit apapun. Apakah untuk mengatasinya perlu dilakukan operasi pengangkatan kantung empedu? Dan apakah ada dampaknya hidup tanpa kantung empedu? Terima kasih.

Halo,

Saya memahami kondisi ayah Anda.

Sebelumnya perlu dikonfirmasi terlebih dulu jenis massa yang ada di dalam kandung empedu ayahanda. Massa ini bisa berupa batu empedu, polip kandung empedu atau kanker.

Untuk itu, saya sarankan Anda berkomunikasi kembali dengan dokter yang memeriksa, kira-kira massa ini disebabkan oleh apa. Penangannya tentu berbeda-beda tergantung penyebabnya. Namun pada prinsipnya, apabila massa ini menyebabkan keluhan (nyeri perut kanan atas biasanya) disertai gangguan penyerapan (karena empedu membantu penyerapan lemak), maka akan dilakukan operasi untuk mengangkat massanya. Bila itu kanker, perlu dilihat dulu apakah sudah ada penyebaran ke organ lain. Selama tidak ada penyebaran ke organ lain, maka massa bisa diangkat. 

Bila kemudian diperlukan pengangkatan kandung empedu seluruhnya, maka akan diberikan obat untuk menggantikan fungsi kandung empedu. Biasanya ini dikonsumsi seumur hidup.

Untuk mendapatkan penanganan yang menyeluruh, silakan berkonsultasi lanjut dengan dokter penyakit dalam yang konsultan gastroenterohepatologi (SpPD-KGEH).

Baca juga:

Penyebab Batu Empedu yang Harus Anda Waspadai

Cholangiocarcinoma

Pola Makan Sehat Usai Operasi Batu Empedu

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda juga dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui:Play Store/Android: https://www.klikdokter.com/downloadApp Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga ayah sehat selalu. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar