Sukses

Penyebab Perut Kembung Pada Anak

02 Mar 2020, 08:26 WIB
Pria, 27 tahun.

Pagi dok, Saya mempunyai anak usia 7 tahun, yang sering merasa tidak nyaman dan kembung perutnya. Sekilas dari pengamatan saya, sepertinya tampaknya anak saya pencernaannya kurang lancar Dok. Apa yang sebaiknya saya lakukan agar anak saya jadi sehat? Terimakasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Perut kembung dapat terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah gangguan lambung, atau bagian saluran cerna yang lebih bawah seperti usus. Apabila gangguan terjadi pada lambung, maka keluhan kembung ini disebut dengan sindrom dispepsia.

Selain itu, perut kembung juga bisa terjadi karena adanya pembentukan gas berlebihan di dalam usus. Hal ini bisa terjadi karena adanya fermentasi makanan yang tidak diserap oleh bakteri usus.

Pertumbuhan bakteri yang berlebihan terjadi karena adanya infeksi saluran cerna atau makanan yang membentuk gas secara berlebihan. Beberapa jenis makanan yang dapat membentuk gas secara berlebihan antara lain ubi dan keju.

Terapi untuk mengatasi perut kembung tergantung dari penyebabnya. Apabila penyebab perut kembung adalah karena peningkatan asam lambung, maka pemberian penekan asam lambung dapat dilakukan.

Pada gangguan penyerapan akibat kekurangan enzim pencernaan, pemberian suplementasi enzim pencernaan dapat dilakukan. Sangat penting untuk menentukan penyebab kembung, apakah merupakan gangguan fungsi atau kelainan bedah. Hal ini akan menentukan terapi selanjutnya. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan wawancara dan pemeriksaan medis lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar