Sukses

Apakah Positif Menderita Diabetes?

26 Feb 2020, 10:29 WIB
Wanita, 51 tahun.

tgl. 17/11'19 gula darah puasa 115 mg/cl, gula darah sewaktu 169 mg/cl, kolesterol HDL 50 mg/cl, LDL 84 ratio LDL/HDL 1,7 dan tgl. 2/2'2020 glukosa puasa 132 mg/cl, glucosa 2 jam 246 mg/cl, kolesterol total 215 mg/cl. apakan sy sdh positif menderita diabetes & kolesterol?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Halo Ibu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Ibu rasakan.

Dari hasil lab tersebut, didapatkan kadar gula darah puasa yang lebih dari 100 mg/dL. Dan, kadar gula darah sewaktu yang juga lebih dari 200 mg/dL. Oleh sebab itu, memang sudah dapat ditegakkan diagnosis diabetes pada Anda.

Sebelumnya, apakah Anda sendiri juga mengalami gejala khas diabetes lainnya, seperti sering BAK malam hari (poliuri), sering haus (polidipsi), serta nafsu makan bertambah (polifagi)? Bila Ya, maka semakin menegaskan bahwa Anda telah terkena diabetes.

Anda perlu tetap tenang, selama gula darah terkontrol, penderita diabetes tetap dapat hidup normal tanpa ancaman faktor risiko akibat diabetes. Maka, kontrol gula darah dengan penggunaan obat (atau insulin) perlu dilakukan dengan rutin. Konsultasikan pada dokter spesialis penyakit dalam mengenai kondisi Anda, dan lakukan perawatan rutin.

Berikut beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Diabetes

Mengenali Tanda dan Gejala Diabetes

Gula Darah Tinggi atau Diabetes Melitus Tipe 2

 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga Ibu sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar