Sukses

Nyeri Lutut Saat Pengobatan Paru

25 Feb 2020, 21:45 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saat saya pengobatan paru karena paru paru basah, sendi lutut saya kaku dan sulit di gerakan, berjalan dan berjongkok pun sangat sulit, apakah itu normal?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo,

Selamat malam Bu, Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan mengerti kekhawatiran Anda. 

Paru-paru basah atau pneumonia adalah radang paru yang terjadi akibat adanya infeksi. Hal ini umum terjadi di masyarakat padahal angka kematian akibat penyakit paru-paru basah ini juga cukup tinggi. Pneumonia dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri maupun jamur. Infeksi tersebut menyebabkan peradangan pada paru-paru, sehingga alveolus paru-paru atau kantong udara paru terisi oleh cairan. Akibatnya, paru-paru tidak dapat bekerja secara normal. 

Gejala yang timbul saat terkena pneumonia adalah batuk berdahak, demam, menggigil, sesak napas,nyeri dada saat bernapas, sakit kepala, mual/muntah, nyeri otot dan sendi, serta mudah lelah. Gejala yang muncul dapat berbeda-beda mulai dari yang ringan hingga berat. Dari pernyataan Anda, mengalami sendi lutut yang kaku dan sulit digerakkan bisa saja adalah salah satu gejala dari penyakit yang diderita. Jadi seharusnya akan sembuh juga setelah pengobatan selesai dan infeksi tertangani dengan baik. Tapi, jika keluhan tersebut masih Anda rasakan bahkan setelah pengobatan, kemungkinan ada penyebab lain yang mendasari dan butuh evaluasi lebih lanjut oleh dokter agar mengetahui penyebab pastinya. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Ibu juga dapat berkonsultasi melalui aplikasi KlikDokter kapan pun dan dimana pun dengan mendownload aplikasi Klikdokter melalui PlayStore atau Apps Store.

Semoga Ibu sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar