Sukses

Sakit Kepala Berkaitan dengan Serangan Jantung?

25 Feb 2020, 13:59 WIB
Wanita, 22 tahun.

Saya mengalami pusing yang berdenyut, berkeringat, sensitif dengan suara, nyeri dibagian leher, mual, muntah sampai dimana saat muntah tidak dapat mengendalikan bak dan bab. Dan juga mengalami pingsan, saya takut jika ini adalah serangan jantung dok, apakah benar?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Selamat siang Bu.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Berdasarkan keluhan yang Anda alami, kemungkinan Anda mengalami migrain. Seringkali migrain identik dengan sakit kepala di salah satu sisi, namun pada beberapa kasus, migrain juga dapat dialami di seluruh bagian kepala. Migrain bisa disertai dengan sakit kepala yang berdenyut, berkeringat, sensitif dengan suara, mual, muntah hingga pingsan. Namun jarang sekali migrain penyebabkan tidak dapat mengendalikan BAK maupun BAB. Namun jika pada kondisi tidak sadar atau pingsan (yang sebenarnya juga jarang ditemukan pada kasus migrain), tidak dapat mengendalikan atau mengontrol BAK dan BAB dapat terjadi. 

Di sisi lain, serangan jantung biasanya disertai dengan keluhan nyeri dada sisi kiri yang dapat menjalar ke lengan kiri, dagu, hingga punggung. Nyeri yang dirasakan seperti ditekan benda berat. Selain itu, dapat juga disertai dengan sesak napas. Namun serangan jantung juga dapat menyebabkan kurangnya aliran darah ke organ lain atau ke seluruh tubuh. Bisa saja disertai dengan sakit kepala. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan dan bila perlu dapat dilakukan rekam jantung sehingga kemungkinan ke arah gangguan pada jantung dapat disingkirkan.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan konsultasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan.

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter. Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut, dapat melalui fitur live chat dalam aplikasi KlikDokter.

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar