Sukses

Penanganan Benjolan DIleher

17 Feb 2020, 16:35 WIB
Wanita, 35 tahun.

Dok, dileher kiri dan kanan saya terdapat benjolan keras dan tidak nyeri. Benjolan ini sudah lama. Dan saat ini kondisi tubuh saya masih sehat, tidak demam tinggi atau semakin kurus. Namun saya khawatir aja dengan benjolan ini dok, apakah saya perlu biopsi atau adakah pengobatan agar benjolan ini bisa sembuh. Trimakasih dok..

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Benjolan dileher pada fitur Tanya Dokter

 

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid

pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri

pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 

bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan

sebab lain (jarang)

Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar benjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak atau disebabkan karena masalah tiroid atau bukan.

Jika penyebab benjolan di leher Anda adalah kelainan kelenjar tiroid, berikut adalah sedikit penjelasan mengenai pppenyakit gondok. Kelenjar tiroid (kelenjar gondok) merupakan kelenjar kecil berdiameter sekitar 5 cm, terletak di leher, tepat dibawah jakun. Kedua bagian tiroid dihubungkan oleh ismus sehingga bentuknya menyerupai huruf H atau dasi kupu-kupu. Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid tidak terlihat dan hampir tidak teraba, namun terkadang dapat membesar (bukan kanker) yang biasa disebut penyakit gondok/gondokan. Meski umumnya tidak nyeri, pembesaran kelenjar gondok dapat menyebabkan kesulitan bernapas atau menelan.

Terapi penyakit gondok bergantung pada ukuran, gejala, dan penyebab yang mendasari.  Penyakit gondok umumnya dapat diatasi dengan obat-obatan (seperti apabila pembesaran terjadi akibat kelebihan produksi hormon tiroid; atau levotiroksin apabila pembesaran terjadi akibat kekurangan hormon tiroid; dsb). Pilihan lainnya adalah pemberian yodium radioaktif yang dapat menghancurkan kelenjar tiroid. Bagaimanapun, setiap pengobatan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada beberapa keadaan:

- Usia muda dengan ukuran kelenjar tiroid sangat besar

- Wanita hamil yang membutuhkan obat antitiroid dalam dosis besar

- Penderita alergi atau mengalami efek samping obat antitiroid

- Adenoma toksik atau struma multinodular toksik

- Pada penyakit graves yang berhubungan dengan satu atau lebih benjolan 

Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, hindari konsumsi obat dan larutan yang tidak diresepkan dokter karena ditakutkan malah memperparah kondisi.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar